Minggu, 18 Desember 2011

PERAKITAN PC


KEGIATAN BELAJAR 2: Perakitan PC dan Keselamatan kerja dalam merakit Komputer
        Tujuan kegiatan pembelajaran
        Peserta didik mampu menginstalasi komponen PC dengan baik dan aman
        Peserta didik mampu mengetahui tindakan yang membahaya kan dalam pemasangan komponen PC
        Uraian materi 2
Sebelum merakit sebuah PC pastikan peralatan yang dibutuhkan sudah tersedia,peralatan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut: Obeng,tang, AVO meter (bila ada) solder, timah solder,isolasi,tali pengikat kabel dan bukti catatan,solder maupun AVO meter jarang di pakai apa bila mempergunakan komponen yang masih baik.
Sebaiknya tidak menggunakan AVO meter pada motherboard apabila motherboar masih bail,karna anda tidak tahu titik-titik mana yang merupakan titik ukur.kecerobohan dalam hal ini bisa menimbulkan akibat fatal.
AVo meter mungkin perlu di pergunakan hanya untuk mengetahui tegangan listrik di jala-jala listrik rumah anda saja.bila anda sudah mengetahui lihatlah di bagian power supply komputer(terdapat di dalam cahing/kotak komputernya) apakah sudah di atur pada skala tegangan yg sesuai dengan tegangan listrik di tempat anda atau belum.


1.ambil motherboard dan letakan di tempat yang aman. persiapkan peralatan dan buku manual dari masing komponen PC.baut motherboard dengan papan casing,sehingga akan lebih kuat dan aman.
 
Baut motherboard dengan papan casing,sehingga akan lebih kuat dan aman.
2.pasanglah processor pada tempatnya(soketnya) perhatikan tanda pada processor harus di tempatkan sesuai dengan tanda yang ada pada soket tersebut(tidak boleh terbalik).kuncilah tangkai pengunci yang biasanya terdapat di sisi soket processor.perhatikan kode titik atau sisi processor dengan bentuk miring merupakn petunjuk agar bagian processor itu di pasang pada bagian slot yang memiliki tanda sama.
 
3.pasanglah memori RAM pada tempatnya dengan baik,perhatikan sudut memori yang biasanya berlekuk harus di tempatkan pada tempatnya secara hati-hati.apabila anda terbalik memasangnya,maka memori akan sulit di masukkan.pada jenis memori SDRAM,dudukan memori di motherboard memiliki pengunci yang akan bergerak mengunci bersama dengan masuknya memori ke dalamnya.
4.masukan motherboard ke dalam cashing(kotak computer),kaitkanlah pengait pelastik yang biasanya di sediakan oleh pabrik cashing,kedalam lubang yang terdapat pada motherboard.sebaiknya hati-hati memasang motherboard pada cashing karena bentuknya tipis kecil dan memiliki rangkaian elektronik yang rumit .
5.pasanglah kabel khusus catu daya motherboard yang ada pada prower suply (biasanya di tuliskan P8 dan P9), kabel berwarna hitam dari kedua konektornya harus di pasang berdampingan. Apabila anda mempergunakan jenis motherboard jenis ATX, pasanglah kabel power khusus tersebut pada slot power khusus ATX yang terdapat pada motherboard tersebut.

6.panglah hard disk, floppy drive pada tempat yang telah tersedia dalam cashing CPU, kecangkan kedudukannya dengan baut secara hati-hati. Bila ada CD ROM drive, pasangan pula alat ini secara hati-hati dan dikecangkan dengan baut.
 

7.sambungkan kabel dari power suply ke slot power yang terdapat di hard disk, flopy drive dan CD ROM drive.perhatikan sudut konektor plastic nya pada kabel tersebut  biasanya sudah dirancang pas sesuai dengan dudukkan yang terdapat pada hard disk,flopy drive atau CD ROM drive.
8. sambungkan kabel pita (kabel data) pada dudukan hard disk, flopy drive dan CD ROM drive. Kabel ini berfungsi untuk menghubungkan peralatan tersebut ke motherboard. Perhatikan sisi kabel berwana merah harus di temapatkan pada kaki nomor satu (liat keterangan yang dituliskan pada hard disk atau flopy drive ataupun CD ROM drive).
9.sambungkan kabel dari flopy drive ke slot untuk flopy drive,demikian pula sembungkan kabel dari hard disk ke slot IDE nomor 1,dan kabel dari CD ROM ke slot IDE nomor 2.perhatikan juga agar sisi kabel berwarna merah menempati kaki nomor 1 pada tiap slot.
10.pasanglah VGA card pada slotnya,bila anda memiliki card dari jenis ISA,anda harus menempatkan card tersebut pada ISA slot bus di motherboard.bila anda memiliki card VGA jenis PCI.anda harus pasangkan card tersebut pada slot bus PCI di motherboard.

11.Pasang expansicn card tambahan pada PCI maupun ISA. Expansicn card dapat berupa LAN card sound card, TV tunner card, video capture dan lain-lain. Setelah itu kencangkan dengan baut denag dudukan cading PC.


12.Hubungan konektor kabel penghubung tombol ''Reset'' yang terdapat pada motherboath. Hubungkan pula konektor kabel penghubung speaker ke pin bertuliskan speaker yang ada pada motherboard. Sering ditulis dengan kode LS. Beberapa cashing telah dilengkapi pula kabel lampu indikator berikut kabel penghubungnya lengkap dengan konektornya agar perakit komputer tinggal menghubungkan saja ke motherboath.


13.Pasanglah kabel data dari monitor ke slot yang terdapat di card VGA, perhatikan konektornya memiliki 3 deteran kaki yang tersusun rapi, dengan konektor berbentuk trapesium.


14.Pasanglah konektor keyboard ke slot keyboard yang terdapat di motherboath dan perangkat yang lain.

15.Pasanglah kabel listrik (power) dari layar monitor ke slot power yang terdapat di bagian belakang power suply yang telah terpasang pada cashing CPU. Bila konektornya tidak cocok, anda dapat memasang kabel listrik tersebut ke jala-jala listrik rumah anda. Anda akan membutuhkan T konektor untuk membagi listrik ke monitor dan CPU yang anda rakit. Pasangkan kabel listrik untuk CPU ke slot yang terdapat pada power suply dibagian belakang cashing CPU.


Sekarang anda telah berhasil merakit sebuah personal komputer, tapi anda belum bisa mempergunakan komputer tersebut. Anda masih harus mengatur program BIOS , dan mememasang (menginstal) program sistem oprasi dan program aplikasi kedalam hard disknya.
Sebelum anda mengatur program BIOS, anda cek kembali semua langkah yang telah anda lakukan tadi. Perhatikan posisi ''jumper'' jangan ada yang salah, demikian prosesor dan RAM serta kabel-kabel penghubung had disk, flopy drive dan CD ROM drive. Setelah anda yakin benar dan sudah sesuai dengan keterangan yang tercantum dalam manual pabrik dari setiap peralatan tadi. Anda dapat melakukan program BIOS.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar